Jenis jenis penyakit kulit


Di dunia ini banyak sekali jenis penyakit yang menyerang manusia. Salah satunya adalah penyakit kulit. Sesuai dengan namanya, penyakit ini menyerang permukaan kulit manusia. Banyak sekali jenis-jenis penyakit kulit, dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya.

Penyakit kulit juga ada yang ganas dan yang tidak ganas, yang tidak ganas misalnya seperti panu atau kurap, sedangkan yang ganas adalah psoriasis yang hingga saat ini belum ditemukan obat untuk penyembuhannya secara total.

Kulit merupakan organ terluar dan terluas bagi manusia. Organ ini menutupi seluruh permukaan tubuh dan dapat menerima berbagai rangsangan, seperti sentuhan, rasa sakit, pengaruh buruk dari luar, dan lain sebagainya.

Fungsi kulit bagi manusia sangatlah penting dan banyak, misalnya untuk melindungi permukaan tubuh, memelihara suhu tubuh, dan melakukan seksresi keringat. Kulit juga berguna untuk menyerap vitamin D yang berasal dari cahaya matahari untuk tubuh.

Mengingat pentingnya fungsi kulit, sebaiknya anda jaga kesehatan kulit anda sebaik mungkin, karena selain itu kulit juga mempunyai nilai estetika, terutama bagi wanita yang senantiasa menginginkan kulit yang halus dan tampak segar setiap saat.

Ada beberapa faktor penyebab terjadinya gangguan pada kulit, misalnya iklim yang tidak menentu, kebersihan lingkungan tempat tinggal, gaya hidup yang kurang sehat, jamur dan bakteri, adanya reaksi alergi pada sesuatu, dan lain sebagainya.

Untuk lebih mengenal jenis-jenis penyakit kulit dengan baik, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Cacar air

Kita semua tentu sudah tidak asing lagi mendengar cacar air. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini dapat membuat kulit kita muncul bintik-bintik merah yang mengandung air di dalamnya dan dengan cepat menyebar ke seluruh tubuh.

Pada awalnya, penderita akan mengalami demam dan kemudian akan muncul bintik-bintik ini. Sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak menggaruk bintik-bintik ini, walaupun rasanya sangat gatal. Hal ini bisa menimbulkan bekas di kemudian harinya.

Seteah beberapa hari, bintik-bintik ini kemudian akan mengering dan menghilang secara perlahan. Untuk mempercepat proses penyembuhan, sebaiknya anda makan makanan bergizi dan perbanyak sayuran dan buahan.

Untuk menghilangkan rasa gatal, anda bisa menggunakan bedak yang mengandung menthol. Kadungan menthol akan membuat kulit terasa dingin dan tidak gatal.

 2.      Campak

Salah satu dari jenis-jenis penyakit kulit adalah campak yang tidak berbeda jauh dengan cacar air. Penyakit ini juga disebabkan oleh virus dan sebaiknya anda berhati-hati, karena penyakit ini dapat menular dengan mudah.

Pada awalnya penderita akan mengalami demam dan batuk-batuk, setelah itu akan muncul bercak-bercak merah pada kulit. Untuk proses penyembuhannya, penderita diharapkan dapat beristirahat dengan baik dan mengonsumsi makanan bergizi.

 3.      Eksim (eczema)

Penyakit eksim ini sendiri mempunyai banyak jenis, diantaranya : Dermatitis kontak, dermatitis atopic, eksim statis, dan eksim nummular. Penyakit ini akan menyerang kulit pada bagian-bagian tubuh tertentu. Pada umumnya, kulit akan menjadi  merah, kering, dan terkadang bersisik.

Selain itu, pada malam hari eksim akan terasa sangat gatal (eksim kering) dan muncul gelembung-gelembung kecil yang mengandung air atau nanah, serta kulit akan tampak bengkak, melepuh, atau terasa panas.

Eksim biasanya disebabkan oleh alergi oleh zat kimia tertentu, seperti yang terdapat dalam detergen, sabun, obat-obatan, kosmetik dan lainnya. Beberapa jenis makanan juga bisa menimbulkan alergi, seperti udang, ikan laut, telur, ayam, alcohol, MSG, dan lainnya.

Untuk mengatasi eksim, sebaiknya anda berobat ke dokter dan kemudian anda akan diberikan obat salep untuk mengolesi eksim. Lakukan secara rutin dan teratur.

 4.      Melanoma

Penyakit melanoma adalah penyakit kanker kulit yang sangat berbahaya dan bahkan mampu menyebabkan kematian pada penderitanya. Biasanya, penderita penyakit ini cenderung pasrah apabila terserang penyakit ini.

Hal ini mungkin karena pembiayaan penyembuhan penyakit ini sangat mahal dan kurangnya pengetahuan tentang penyakit ini. Penyakit ini memang tidak jauh berbeda dengan tahi lalat, namun melanoma akan terus berkembang dan akhirnya masuk ke dalam jaringan.

Jika sudah masuk ke dalam jaringan, maka akan dilakukan terapi dulu baru kemudian dioperasi. Sebaiknya anda perhatikan baik-baik kesehatan kulit anda.


Leave a Reply