apotik online terpercaya

GEJALA SUSU FORMULA BAYI

| November 27, 2012 | 0 Comments

Pada zaman sekarang ini, banyak sekali ibu-ibu yang memberi bayi mereka susu formula. Ini di lakukan karena menurut mereka itu praktis dan cepat. Meskipun ada memberi susu ASI juga, namun pemberian ASI untuk bayi mereka sangatlah singkat waktu dan selebihnya memberikan susu formula yang bernotabene susu sapi.

Selain cepat dan mudah, alasan lain para ibu memberikan anak mereka susu formula adalah karena ingin anak mereka tumbuh dengan sehat serta kepercayaan mereka dengan susu formula maka anak mereka dapat tumbuh dengan cerdas dan sehat serta montok.

Meskipun ada memberikan sedikit manfaat namun sudah saatnya para ibu memikirkan efek samping dari pada pemberian susu formula ini pada bayi mereka. Harus di ketahui oleh para ibu bahwa tidak semua susu formula itu bagus karena ada sebagian susu formula yang dapat menyebabkan kelainan pada anak mereka salah satunya alergi. Selain itu, tidak samua mineral yang terkandung dalam susu formula dapat di terima atau diserap oleh tubuh anak-anak mereka. Dan pada akhirnya membuat anak mereka malah sakit.

Meskipun pada umumnya alergi disebabkan oleh pengaruh makanan, namun itu tidaklah benar. Ini dikarena adanya penelitian dimana penyebab alergi pada anak-anak itu disebabkan oleh susu formula yang mereka konsumsi. Bahkan salah satu penelitian yang dilakukan di eropa, hampir sekitar 2,5% anak mengalami alergi susu formula disaat kehidupan pertamanya.

Alergi yang disebabkan oleh susu formula ini pun mempunyai alasan nya. Ini disebabkan karena kandungan protein pada susu tersebut tidak cocok dengan usus pada manusia. Protein pada susu itu adalah protein yang dihasilkan sapi dan biasanya cocok dengan usus sapi.

Protein pada susu formula ini mempunyai beberapa jenis bagian dimana yaitu casein dan whey. Kedua protein ini dapat membentuk antibody pada manusia dan selalu mengalami pemanasan intensif. Namun bila pemanasan ini tidak mencapai pasteurisasi rutin maka akan menimbulakan alergenitas pada jenis protein lainnya.

Mekanis pencernaan pada bayi belumlah matang, sehingga faktor yang dapat menghambata masuknya protein asing sapi belum lah cukup melalui lapisan epitel. Dan akibatnya adalah protein yang bersifat asing dengan mudah masuk kedalam system sirkulasi dimana terdapat system imun yang akan menyerang benda asing tersebut. Dengan begitu timbullah penyakit alergi susu formula pada bayi.

Bila sudah terjadi alergi susu formula pada bayi maka harus segera di tangani dengan serius. Ini dikernakan bila di biarkan maka akan menyembabkan kekurang gizi pada anak tersebut. atau dapat juga menimbulkan penyakit yaitu kronis yang membuat pertumbuhan anak menjadi terganggu.

Untuk mengetahui apakah anak bayi mengalami alergi susu formula maka sangat penting untuk di ketahui gejala susu formula bayi berikut ini, yaitu :

  • Akan menyebabkan muntah.

Penyebab muntah nya anak ini dikarenakan mungkin anak tersebut tidak langsung mampu menerima susu tersebut. bila muntah terjadi terus menerus pada saat pemberian susu tersebut maka jangan lah member kan susu itu lagi.

  • Akan timbul bintik-bintik merah pada kulit.

Bila anak anda sudah mengalami gejala susu formula bayi yang seperti ini maka segera lah berkonsultasi dengan dokter. Ini di khawatirkan dapat menyhebabkan iritasi pada bayi bila di biarkan.

  • Anak akan mengalami diare yang hebat.

Diare ini diibarat kan dengan mencret yang berterusan. Diare ini karena tidak ada kecocokan tubuh atau perncernaan bayin terhadap susu formula tersebut. Dengan begitu maka segera stop pemberian susu tersebut pada anak anda. Ini agar gizi pertumbuhan pada anak tidak berkurang secara yang berlebihan.

  • Anak akan mengalami gejala shock dab batuk pilek.

Gejala susu formula bayi yang dapat bersifat kepanjangan adalah dimana bayi tersebut tidak akan lagi meminum susu formula semua merk. Ini dikarenakan bayi tersebut mengalami shock. Selain shock ini bisa juga timbul rasa pilek batuk pada anak. Bila sudah terjadi hal tersebut maka segeralah periksa anak anda pada dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Itulah sekilas penjelasan gejala susu formula bayi. Sangat penting untuk para ibu untuk mengetahui nutrisin susu apa yang cocok untuk anak mereka sehingga dapat tumbuh dengan sehat dan baik.

Category: Alergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *