apotik online terpercaya

Demam Berdarah dan Segala Informasinya

| February 18, 2013 | 0 Comments

Demam Berdarah dan Segala Informasinya

Demam berdarah atau DBD merupakan saah satu penyakit yang tentunya tidak lagi asing bagi kita semua. Penyakit ini merupakan penyakit demam akut yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes Aegypti. Penyakit ini sering dijumpai pada wilayah tropis dan subtropics.

Demam berdarah sering menyerang manusia pada musim hujan yang lembab. Hal ini karena nyamuk biasanya hidup pada tempat yang lembab dan kotor. Demam berdarah merupakan salah satu penyakit yang harus segera mendapatkan penanganan serius.

Jika terlambat, maka bisa berujung pada kematian. Oleh karena itu, anda perlu mengenal demam berdarah dan segala informasinya agar bisa dengan cepat mendeteksi terjadinya demam berdarah atau memberikan pertolongan pertama.

Mungkin sebagian besar dari kita sudah tidak asing lagi dengan gejala dari demam berdarah, misalnya penderita akan mengalami demam tinggi selama lebih kurang 2 atau 7 hari. Biasanya suhu tubuh penderita mencapai 38 hingga 40 derajat celcius.

Selain itu, penderita juga tampak menggigil, mengalami nyeri kepala, dan pada beberapa kasus penderita juga merasakan nyeri pada saat memutar bola matanya. Selain itu, adapun nyeri punggung pada awal demam berdarah menyerang.

Pada permukaan kulit, bisa kita lihat akan muncul bintik-bintik merah yang tidak seperti biasanya. Tekanan darah penderita juga akan mengalami penurunan dan terkadang juga bisa menyebabkan shock.

Jika diperiksa secara medis, diketahui bahwa trombosit darah turun di bawah 100.000/mm3. Selain itu terjadi juga peningkatan hematokrit lebih dari 20%. Jika sudah berada di tingkat yang lebih lanjut, bisa terjadi mimisan pada hidung dan gusi.

Penderita juga umumnya merasa pegal dan rasa nyeri pada sendi. Tinja yang dikeluarkan biasanya juga berwarna hitam dan keras, biasanya juga akan terjadi melena (buang air dan mengeluarkan kotoran berupa lendir yang bercampur dengan darah).

Hal tersebut merupakan gejala DBD yang sudah diketahui oleh banyak orang. Namun, bagaimana dengan informasi lainnya ? Untuk lebih jelas, simaklah demam berdarah dan segala informasinya yang akan disajikan berikut ini.

  • Cara mencegah demam berdarah

 

Memang sampai saat ini belum ditemukan adanya obat anti virus atau vaksinasi untuk demam berdarah. Jadi, tindakan yang paling tepat adalah mencegahnya. Lebih baik mencegah dari pada mengobati bukan ?

Ada beberapa cara dan langkah yang bisa anda lakukan untuk mencegah dan mengontrol keberadaan nyamuk, di antaranya adalah sebagai berikut :

-         Faktor lingkungan – Untuk mencegah datangnya nyamuk demam berdarah, bisa anda lakukan dengan cara menguras bak mandi minimal seminggu sekali. Selain itu, jangan lupa untuk menutup rapat tempat penampungan air, mengubur kaleng bekas dan lainnya.

-         Faktor Biologis – Selain dengan cara mengontrol lingkungan, anda juga bisa secara langsung memusnahkan keberadaan nyamuk di rumah anda dengan cara memilihara ikan pemakan jentik dan bakteri. Dengan demikian, kehadiran nyamuk di rumah anda bisa ditekan.

-         Faktor kimiawi – Salah satu cara yang mulai banyak digunakan oleh orang-orang adalah dengan melakukan pengasapan atau fogging. Cara ini biasanya dilakukan di tempat yang luas, misalnya pabrik atau perusahaan. Untuk perumahan, anda bisa menggunakan bubuk abate pada tempat-tempat penampungan air.

  • Mengobati demam berdarah

 

Jika anda merasakan gejala-gejala demam berdarah seperti yang telah disebutkan tadi, sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter atau langsung mengunjungi rumah sakit terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Perlu diingatkan kepada anda bahwa sampai saat ini belum ada obat yang mampu menyembuhkan demam berdarah secara langsung, namun berikut ini ada beberapa tips untuk mengatasi demam berdarah :

-         Perbanyak minum air putih, sangat dianjurkan minimal 8 gelas dalam sehari.

-         Sebaiknya anda juga minum minuman yang mengandung elektrolit atau ion untuk mencegah dehidrasi saat demam

-         Untuk mengurangi demam dan rasa nyeri, sebaiknya anda mengonsumsi obat acetaminophen seperti tilenol.

-         Perbanyak juga frekuensi anda untuk beristirahat agar pemulihan bisa terjadi lebih cepat.

Bagi anda yang sudah parah, sebaiknya anda menjalani rawat inap di rumah sakit. Inilah sekilas mengenai demam berdarah dan segala informasinya. Semoga dapat bermanfaat

Category: Artikel Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *