Contoh Menu Makanan Sehat


Contoh Menu Makanan Sehat

Selama ini, munu makanan sehat sering kali disamakan dengan menu 4 sehat 5 sempurna, menu mahal di restoran, dan menu-menu lezat.

Sebenarnya menu makanan sehat sangatlah simple. Bahkan masakan orang tua atau istri anda juga dapat disebut sebagai contoh menu makanan sehat.

Akan tetapi, menyiapkan menu makanan sehat tidaklah mudah. Selain membutuhkan waktu dalam proses penyajiannya, anda juga harus mencocokkan selera setiap anggota keluarga.

Nah, untuk memudahkan anda, simaklah menu sehat yang perlu anda persiapkan dan contoh menu makanan sehat itu.

A. Menu Makanan Sehat

Tidak semua menu makanan sehat itu harus mahal ataupun berasal dari bahan yang mahal. Ada banyak jenis makanan sehat yang berasal dari bahan yang murah.

Makanan sehat, sebenarnya adalah makanan yang mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Makanan sehat juga berarti makanan yang mengandung semua zat penting, seperti : karbohidrat, vitamin, protein, lemak, serat dan mineral yang seimbang.

Anda dapat mencoba membuat menu makanan sehat dari bahan-bahan pokok seperti, nasi dan kentang, lauk pauk seperti ikan dan ayam, sayur-sayuran seperti bayam dan kangkung, dan buah-buahan segar.

B. Tips Menyusun Menu makanan sehat

Usahakan anda menyusun menu makanan sehat secara variatif setiap harinya agar keluarga anda tidak bosan menyantapnya. Variatif bukan berarti harus mahal lho. Bahan-bahannya dapat anda beli di supermarket atau pasar dengan harga yang terjangkau.

Alangkah baiknya jika anda menyusun daftar makanan yang disukai oleh anggota keluarga anda, tapi disesuaikan dengan kondisi keuangan anda juga. Hal ini akan sangat membantu anda dalam menyajikan makanan sehat.

Anda boleh mengikuti contoh menu makanan sehat yang disusun oleh para ahli dengan memperhatikan takaran gizi yang seimbang :

Senin   : Nasi putih, tumis kangkung, ikan bawal goreng, sambal tomat mentah, acar kuning, dan untuk penutup mulutnya dapat anda gunakan pisang atau apel.

Selasa  : Nasi putih, tahu atau tempe, oseng kacang panjang taoge, sambal bajak, dan penutup berupa buah papaya.

Rabu    : Nasi putih (nasi uduk juga boleh), semur tahu, semur jengkol, kerupuk, sambal, dan  untuk buah boleh jeruk atau semangka.

Kamis  : Nasi putih, sambal goreng kentang, cap cay, udang goreng, dan buah melon.

Jumat   : Nasi putih, soto ayam, emping goreng, telur rebus dan jeruk atau semangka.

Sabtu   : Nasi putih, bandeng, urap sayur, sambal teri, dan pisang.

Minggu: Nasi putih, pepes tahu, lodeh labu siam, ayam goreng dan sabal terasi.

Adapula beberapa hal yang harus anda perhatikan dalam menyajikan menu makanan sehat, diantaranya :

1. Jaga tingkat kolestrol dalam makanan

Sangat dianjurkan bagi anda untuk menjaga tingkat kolestrol dibawah 300 mg perharinya. Jika salah satu anggota keluarga anda adalah penderita kolestrol, kurangi makanan produk-produk hewani seperti daging, unggas, susu dan produk olahannya, dan kuning telur.

  1. 2. Kurangi konsumsi lemak trans

Mungkin anda sesekali juga akan menyajikan fast food karena berbagai alasan. Akan tetapi, penting untuk anda ingat bahwa makanan cepat saji banyak mengandung lemak trans yang tidak baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, perkecillah frekuensi anda dalam menyajikan fast food. Anda juga dapat mengganti minyak makan anda dengan minyak zaitun atau olive oil yang bebas dari lemak trans.

3. Kurangi penggunaan MSG

Mungkin anda sudah terbiasa dalam menggunakan MSG untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat dalam memasak, akan tetapi, jika dilihat dari segi kesehatan, MSG banyak mengandung unsur kimia yang berbahaya bagi tubuh. Sebaiknya anda kurangi atau hentikan pemakaian MSG. Anda bisa menggunakan bumbu lain yang memberikan rasa tidak kalah lezat seperti MSG. Untuk memberikan rasa manis anda dapat menggunakan gula dan garam untuk memberikan rasa asin.

Demikianlah sedikit contoh menu makanan sehat yang dapat anda kembangkan lagi. Penyakit sebenarnya berasal dari diri kita sendiri. Tergantung dari bagaimana kita mengontrol penyakit itu sendiri. Kesehatan itu sangatlah mahal harganya, bahkan tak ternilai. Oleh karena itu, semoga contoh menu makanan sehat diatas dapat membantu anda dalam menjaga kesehatan anda.

 

 



Leave a Reply