Ciri-ciri Penyakit TBC


Istilah Tuberculosis atau yang lebih sering disingkat sebagai TBC, merupakan penyakit yang telah banyak menyerang orang-orang, terutama para perokok aktif. Penyakit ini sendiri juga adalah penyebab kematian utama di Indonesia, setelah penyakit jantung dan penyakit pernafasan.

Data kesehatan dunia juga menunjukkan bahwa sekitar 95% penderita TBC di dunia diidap oleh penduduk Negara berkembang. Selain itu, diperkirakan pula bahwa sepertiga dari penduduk dunia telah terinfeksi oleh kuman TB.

Oleh sebab itu, anda tidak boleh memandang enteng penyakit TBC ini, karena penyakit ini adalah penyakit yang mematikan dan berbahaya. Gejala penyakit ini juga sering kali tidak kita sadari, sehingga penanganannya banyak yang terlambat.

Perlu anda ketahui juga bahwa penyakit TBC ini juga termasuk dalam kategori penyakit yang menular, artinya penyebarannya bisa melalui orang ke orang lain. Penyakit itu disebabkan oleh sebuah kuman yang bernama TB yang penyebarannya melalui udara.

Untuk lebih jelas mengenai penyakit TBC ini, simaklah ciri-ciri penyakit TBC yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Ciri-ciri umum penyakit TBC

Sebenarnya, sangat sulit mendeteksi ciri-ciri penyakit TBC itu, karena gejala yang timbul biasanya tidak langsung mengindikasi penyakit TBC itu. Untuk mengetahui hasilnya lebih jelas, kita bisa langsung ke rumah sakit untuk diperiksakan oleh ahli medis.

Ciri-ciri penyakit TBC yang bersifat umum, diantaranya adalah batuk berdahak terus menerus dan biasanya berlangsung hingga 3 minggu. Apabila anda mengalami hal ini, sebaiknya anda langsung memeriksakannya ke dokter.

Ciri-ciri penyakit TBC yang bersifat umum lainnya adalah adanya dahak yang bercampur dengan darah, batuk darah, sesak nafas, rasa nyeri pada bagian dada, badan terasa lemas, nafsu makan dan berat badan cenderung mengalami penurunan, sering mengalami kurang enak badan, demam yang tidak terlalu tinggi dan badan meriang yang berlangsung lebih dari sebulan yang disertai dengan keringat dan sering kali terjadi pada malam hari.

Terkadang, demam yang dirasakan oleh penderita seperti demam pada saat flu yang hilang dan timbul. Untuk memastikan apakah seseorang positif terjangkit penyakit ini, sebaiknya anda langsung melakukan pemeriksaan di laboratorium atau difoto rontgen.

 2.      Ciri-ciri khusus penyakit TBC

Ada beberapa gejala yang lebih spesifik lagi yang terjadi pada beberapa orang yang berbeda. Artinya, tidak semua orang merasakan gejala yang sama dan hal ini tergantung pada bagian organ mana yang mengidap penyakit ini, diantaranya adalah :

-          Apabila seorang pengidap mengalami sumbatan pada sebagian bronkus, saluran pernafasan menuju paru-paru, maka akan timbul bunyi mengi atau suara nafas yang cenderung lemah disertai dengan sesak nafas.

-          Apabila ternyata terdapat cairan di rongga pleura (pembungkus paru-paru), penderita biasanya akan mengalami rasa sakit atau nyeri pada bagian dadanya.

-          Apabila bagian tulang yang terkena oleh penyakit ini, maka akan terjadi gejala yang sama dengan infeksi tulang yang dapat membentuk saluran menuju kulit yang berada di atasnya, sehingga keluar nanah.

-          Apabila penyakit ini menjangkit anak-anak, ada kemungkinan akan mengenai lapisan yang membungkus otak. Hal ini biasanya disebut meningitis atau radang selaput otak. Gejala yang muncul biasanya berupa, demam tinggi, kejang-kejang, dan bahkan bisa mengalami pingsan.

-          Pada beberapa kasus, juga bisa terjadi ketika seorang anak tidak mengalami berbagai gejala TBC, namun pada saat diuji di laboratorium ia dinyatakan positif terkena TBC. Hal ini bisa terjadi karena anak itu pernah melakukan kontak dengan pasien dewasa yang mengidap TBC.

 3.      Penularan TBC

Biasanya penularan TBC terjadi ketika penderita TBC mengeluarkan dahak yang kemudian akan menyebar ke udara dan kuman yang terkandung dalam dahak ini dapat bertahan di udara pada beberapa jam.

Kemudian kuman bila dihirup akan masuk melalui saluran pernafasan dan menyebar dari paru-paru ke organ tubuh lainnya. Kemudian kuman ini akan menyusuri peredaran darah, saluran limfa, saluran pernafasan atau dapat langsung menuju organ lainnya.

Sebenarnya, tubuh kita bisa menghentikan penyebaran ini apabila kita mempunyai daya tahan tubuh yang baik.

Inilah sekilas tentang ciri-ciri penyakit TBC. Semoga bermanfaat


Leave a Reply