apotik online terpercaya

Cara Alami Mengatasi Sakit Tenggorokan

| October 23, 2012 | 0 Comments

Sakit tenggorokan memang termasuk dalam kategori penyakit tidak berbahaya dan penyakit tidak menular. Penyakit ini sudah sering melanda masyarakat. Sakit tenggorokan memang tidak berbahaya, namun sebenarnya sangat mengganggu aktivitas kita.

Bagi seorang penyanyi, suaranya merupakan asset paling berharga yang ia miliki, jadi apabila seorang penyanyi terkena sakit tenggorokan, pada umumnya mereka akan merasa panic dan terganggu dengan penyakit ini.

Selain itu, bagi orang-orang yang bekerja dengan mengandalkan suaranya, misalnya MC atau EO, tentunya penyakit ini akan sangat mengganggu. Bagi kita orang biasa juga tentu timbul gangguan, misalnya rasa sakit pada saat kita menelan atau minum sesuatu.

Oleh karena itu, marilah kita semua mempelajari cara alami mengatasi sakit tenggorokan yang akan disajikan berikut ini.

  • Penyebab sakit tenggorokan

 

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena berbagai macam hal. Mungkin hal yang paling sering kita alami adalah kebanyakan mengonsumsi gorengan. Namun, ada hal-hal lain yang perlu anda perhatikan juga.

Sakit tenggorokan bisa terjadi karena makanan yang mengandung karbohidrat yang tinggi, misalnya biscuit, kebanyakan minum es, makan makanan yang mengandung vetsin tinggi, merokok, mengonsumsi alcohol secara berlebihan, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga faktor luar yang mempengaruhi terjadinya sakit tenggorokan ini, misanlnya perubahan musim, dimana memasuki musim penghujan yang pada saat itu daya tahan tubuh kita berkurang. Selain itu, pada perubahan musim biasanya juga terjadi penyebaran virus yang sering muncul pada awal musim penghujan.

Sakit tenggorokan pada umumnya dibarengi oleh sakit kepala, rasa ngilu pada bagian sendi dan otot, dan demam. Apabila anda memeriksakannya ke rumah sakit, maka akan tampak ruam merah pada tenggorokan anda.

Namun, tidak semua sakit tenggorokan disebabkan oleh virus dan bakteri. Apabila anda menderita sakit tenggorokan akibat virus atau bakteri, maka penanganannya adalah dengan mengonsumsi antibiotic.

Namun, perlu anda ingat bahwa apabila tubuh kita terlalu banyak mendapatkan atibiotik maka akan terbentuk kekebalan terhadap antibiotic. Banyak cara alami mengatasi sakit tenggorokan. Sebaiknya anda menggunakan cara yang alami, dengan begitu maka ketergantungan kita terhadap antibiotic juga akan berkurang.

Seperti yang kita ketahui bahwa antibiotic tentunya mempunyai efek samping yang tidak baik untuk kesehatan, yaitu dapat merusak bakteri baik dalam pencernaan kita.

  • Cara alami mengatasi sakit tenggorokan

 

Ada beberapa cara alami mengatasi sakit tenggorokan yang bisa anda jadikan sebagai panduan dalam proses penyembuhan sakit tenggorokan, diantaranya :

-          Anda boleh berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan sedikit garam. Cara ini dipercaya dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.

-          Untuk minuman, anda bisa mencampurkan air perasan jeruk nipis yang diberi sedikit madu dan parutan jahe. Minumlah sesering mungkin.

-          Apabila anda tidak ingin berkumur dengan air garam, anda bisa menggantinya dengan jus lidah buaya.

-          Cara paling simple dan efektif adalah perbanyak konsumsi air putih.

-          Jika anda termasuk orang yang ingin praktis, anda bisa mengonsumsi obat penghilang sakit tenggorokan yang dijual di apotik.

-          Sebaiknya anda memperbanyak konsumsi sayuran dan buahan, terutama yang mengandung vitamin C. Selain dapat menyembuhkan sakit tenggorokan, vitamin C juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh anda terhadap berbagai serangan penyakit.

-          Sebaiknya anda juga mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A dan makanan yang berkaroten tinggi.

-          Selain itu, anda bisa mencoba dengan meminum susu hangat yang dicampur dengan madu untuk meredakan sakit tenggorokan.

-          Bagi anda yang merokok, sebaiknya anda tinggalkan kebiasaan butuk itu, karena perokok aktif sering kali diserang oleh sakit tenggorokan.

-          Sangat disarankan bagi anda untuk mengurangi minuman yang beralkohol dan yang bersoda.

-          Sebaiknya anda mendapatkan istirahat yang cukup.

-          Kuragi juga pengaruh angin malam.

-          Menghirup uap dari air hangat juga bisa meredakan sakit tenggorokan dan bisa membantu mengeluarkan lendir pada tenggorokan.

-          Apabila sakit tenggorokan tak kunjung sembuh selama 2 minggu, sebaiknya anda kunjungi dokter dan periksakan diri anda.

Inilah uraian singkat mengenai cara alami mengatasi sakit tenggorokan. Semoga bermanfaat.

Category: Herbal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *