apotik online terpercaya

Captopril

| August 3, 2012 | 1 Comment

Mekanisme kerja: menghambat enzim pengonversi peptidyl dipeptidase yang menghidrolik angiotensin I ke angiotensin II dan menyebabkan inaktivasi bradikinin, suatu vasodilator kuat, yang paling sedikit sebagian, bekerja dengan cara menstimulasi rilis nitric oxide dan prostacyclin. Menekan aldosteron, mengakibatkan natriuresis.

Farmakokinetika: captopril diserap dengan cepat, dengan bioavailabilitas sekitar 70% setelah berpuasa. Bioavailabilitas dapat menurun jika obat diminum bersamaan dengan makanan, tetapi efek antihipertensinya tidak terpengaruh. Captopril terutama dimetabolisme menjadi disulfide, bergabung dengan molekul-molekul yang mengandung sulfihydryl lain. Kurang dari separuh dari satu dosis oral captopril dieksresi dalam bentuk tidak berubah pada urin. Captopril didistribusi pada sebagian besar jaringan tubuh, kecuali sistem saraf pusat. Waktu paruh captopril kurang dari tiga jam. Kadar dalam darah hanya sedikit berkaitan dengan respon klinisnya.

Dosis: pada awalnya diberikan pada dosis 25 mg, dua atau tiga kali sehari, 1-2 jam sebelum makan. Respon pada tekanan darah maksimal terjadi pada 2-4 jam setelah pemberian obat. Pada interval 1-2 minggu dosis dapat ditambah sehingga tekanan darah dapat dikontrol.

Indikasi: hipertensi, terutama berguna untuk hipertensi dengan renin tinggi. Obat yang disukai untuk pasien dengan nefropati diabetik karena kadar glukosa tidak dipengaruhi, dapat mengurangi proteinuria dan menstabilkan fungsi ginjal (bahkan walaupun tidak terjadi penurunan tekanan darah). Keuntungan tersebut diduga karena perbaikan hemodinamika intrarenal, dengan penurunan tahanan arterioler eferen glomeruler dan hasil penurunan tekanan kapiler intraglomeruler. Gagal jantung digunakan dengan diuretik dan digitalis.

Efek yang tidak diinginkan: semua penghambat ACE: dosis pertama hipotensi, pusing, proteinurea, ruam, takikardi, sakit kepala. Jarang menyebabkan agranulosit atau neutropenia.

 

 

 

 

 

 

Category: Obat Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *