Bumbu Dapur


Cara Cepat Hamil

Salah satu bahan yang sangat penting dan dibutuhkan oleh manusia adalah bumbu dapur. Banyak sekali manfaat yang bisa kita rasakan dari bumbu dapur, mislanya untuk memberikan rasa pada makanan, obat-obatan herbal, atau bahkan digunakan untuk keperluan spiritual dan religious.

Bumbu dapur ini bisa didapatkan dari daun, bunga, umbi, akar, atau bahkan dari kayu. Pada umumnya, bumbu dapur yang berasal dari tumbuhan berfungsi untuk menjadi penyedap rasa dan hanya digunakan dalam volume kecil saja.

Selain itu, bumbu dapur juga banyak dimanfaatkan untuk acara spiritual dan religious. Misalnya, pada kepercayaan masyarakat Jawa, menggantungkan bawang merah dan cabe merah di atas pintu rumah bisa membuat tuan rumah terhindar dari berbagai bencana.

Selain itu, menanam kunyit di depan rumah juga bisa membantu menolak bala. Di samping itu, bumbu dapur juga sering digunakan sebagai obat herbal alami yang berasal dari tumbuh-tumbuhan.

Misalnya jintan ayam yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk, pilek, asma dan memperkuat daya tahan tubuh. Adapun bawang merah yang dikenal mampu menurunkan kadar lemak sehingga dapat menghilangkan resiko sakit jantung, menormalkan tekanan darah tinggi, menekan kolestrol dan mengurangi gejala rematik.

Wah, banyak sekali bukan fungsi bumbu dapur itu ? Hal ini juga telah tercatat dalam sejarah bangsa kita, dimana bangsa Eropa datang ke Indonesia karena tertarik dengan rempah-rempah yang dihasilkan oleh bangsa kita.

Untuk lebih jelas mengenai bumbu dapur ini, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  1. 1.      Jenis-jenis bumbu dapur

 

Di dalam dunia memasak, bumbu dapur daapt dibagi ke dalam 3 jenis, di antaranya adalah :

  • Bumbu dapur basah

 

Bumbu ini terdiri dari kunyit, jahe, serai, bawang merah dan putih, cabai, daun bawang, kencur, temu kunci, laos, andaliman, combrang, seledri dan masih banyak lagi jenisnya.

  • Bumbu dapur kering

 

Bumbu dapur ini terdiri dari jintan, pala, cengkeh, kayu manis, kapulga, ketumbar, merica, basil, kemiri dan lain sebagainya.

  • Bumbu dapur buatan

 

Seiring pekembangan jaman yang semakin cepat, bumbu dapur juga sudah mengalami banyak perubahan. Misalnya munculnya bumbu dapur buatan manusia sendiri, seperti MSG, cuka garam, aneka kecap, pewarna makanan, sari buah dan aneka saus.

 2.      Macam-macam bumbu dapur

 

Adapun beberapa bumbu dapur yang sering digunakan dalam kegiatan masak sehari-hari, di antaranya adalah  :

  • Bawang merah

 

Merupakan salah satu bumbu utama yang cukup sering digunakan. Banyak sekali manfaat yang bisa kita peroleh dari bawang merah, misalnya mengobati masuk angin, batuk, kencing manis, obat cacing, demam, menurunkan kolestrol, mencegah naiknya kadar gula darah, dan bagi penderita diabetes mellitus.

Bawang merah juga mengandung beberapa senyawa yang sangat baik bagi tubuh, di antaranya adalah minyak atsiri, sikloalin, metilaniin, flavongkodisa, kuersetin, saponin, pepetida, foithormon, vitamin dan zat pati.

  • Bawang putih

 

Selain itu, bawang putih juga merupakan salah satu bahan yang sering digunakan. Bawang putih juga banyak sekali manfaatnya bagi tubuh manusia, misalnya untuk menyembuhkan penyakit jantung koroner, mengobati flu, batuk, kanker, menurunkan kadar kolestrol dalam darah, menurunkan tekanan darah tinggi, meningkatkan hormone insulin bagi penderita diabetes dan menjaga stamina tubuh.

Bawang putih juga mengandung minyak atsiri. Minyak ini sendiri memiliki sifat anti bakteri dan anti septic. Sementara itu, adapun beberapa senyawa lain yang terkandung di dalam bawang putih, misalnya allicin, kalsium, saltvine, protein, fosfor, lemak, zat besi, vitamin A, B1, dan C.

 3.      Kunyit

 

Kunyit juga sama halnya dengan bawang putih dan merah, sering digunakan sebagai bahan masak dasar makanan. Seluruh bagian tanaman kunyit bisa dimanfaatkan mulai dari daun hingga ke bagian akarnya.  Selain itu, sebagai bumbu dapur kunyit juga bisa menjadi antibiotic alami.

Kunyit juga sering dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit, misalnya diabetes, tifus, usus buntu, disentri, keputihan, memperlancar haid, menyembuhkan batuk dan menyembuhkan kebiasaan mendengkur. Selain itu, kunyit juga termasuk dalam obat alternatif kanker dan kunyit juga sering digunakan sebagai pewarna alami makanan.

Inilah sekilas mengenai bumbu dapur. Semoga bermanfaat


Leave a Reply