apotik online terpercaya

Bahaya Alergi, Gejala dan Penanggulangannya

| November 16, 2012 | 0 Comments

Istilah alergi tentunya tidak lagi menjadi hal yang asing bagi kita semua. Mungkin kita sering mendengar bahwa teman kita alergi pada kucing atau pada makanan jenis tertentu. Bagi kita yang tidak mengalami alergi, tentu sulit untuk memahami bagaimana rasanya alergi itu.

Oleh sebab itu, mari kita pahami bahaya alergi, gejala dan penanggulangannya lebih dekat lagi. Alergi itu sendiri adalah suatu reaksi yang dihasilkan oleh tubuh karena tidak mampu menerima suatu senyawa ke dalam tubuh mereka.

Alergi bisa terjadi apabila terjadi kontak langsung, baik dengan cara bersentuhan, terhirup, diinjeksikan, dan lainnya. Alergi memang sekilas tampaknya sederhana, namun ada beberapa jenis alergi yang bisa mengancam nyawa penderitanya.

Misalnya saja alergi terhadap saluran pernafasan, yang biasanya kita sebut sebagai asma. Pernahkah anda melihat penderita asma ketika terjadi serangan asma ? Jika belum, perlu anda ketahui bahwa setiap kali terjadi serangan asma, maka nyawa penderita asma berada dalam bahaya.

Apabila pertolongan yang datang terlambat satu detik saja, maka bisa jadi dapat menimbulkan kematian. Serangan asma itu sendiri adalah terjadinya penyempitan saluran pernafasan pada penderita, sehingga ia mengalami kesulitan dalam bernafas.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa udara merupakan salah satu komponen penting agar manusia dapat tetap hidup. Apabila udara tidak mampu mencapai jantung, maka berjuta-juta sel di dalam jantung akan mati dan tidak bekerja, sehingga jantung tidak memompa darah.

Apabila jantung tidak memompa darah, berarti jantung tidak berdetak dan manusia akan mati. Oleh sebab itu, penderita asma akan menjauhi pemicu serangan tersebut sebisa mungkin, selain karena mengancam nyawa mereka, serangan asma juga akan membuat penderita asma merasa lelah yang amat sangat, sehingga ketika terjadi serangan mereka pada umumnya tidak bisa melakukan apa-apa lagi.

Asma hanyalah merupakan contoh kecil dari bentuk alergi. Alergi masih memiliki banyak bentuk, misalnya alergi pada kulit, alergi terhadap makanan, dan lain sebagainya. Untuk lebih jelas lagi mengenai bahaya alergi, gejala dan penanggulangannya, simaklah uraian yang berikut ini.

 1.      Alergi dingin dan penanggulangannya

Alergi dingin biasanya disebut sebagai cold urticaria dan merupakansalah satu jenis alergi yang menyerang saluran pernafasan. Alergi ini biasanya akan langsung bereaksi ketika penderitanya terkena paparan udara dingin atau air dingin ketika terjadi perubahan suhu yang drastis.

Sampai saat ini, penyebab terjadinya alergi ini masih belum jelas dan salah satu kemungkinan terjadinya adalah karena faktor keturunan. Alergi jenis ini sangat sulit dihindari, karena seseorang tidak mungkin tahu perubahan cuaca dan suhu yang berubah secara tiba-tiba.

Oleh sebab itu, sebaiknya penderita alergi ini senantiasa mempersiapkan pakaian yang tebal dan hangat, karena suhu tubuh bisa berubah secara tiba-tiba. Alergi ini pertama-tama akan mengganggu jaringan hidung dan memproduksi lendir dalam jumlah yang banyak.

Kemudian akan diikuti dengan pelebaran jaringan hidung yang mengakibatkan pembengkakan dan kemudian akan terjadi penyumbatan pada saluran pernafasan. Alergi ini juga sering diikuti dengan asma dan sesak nafas.

Untuk menanggulangi gejala alergi ini, anda bisa berkonsultasi dengan dokter dan mengonsumsi obat anti histamine sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Untuk memperkecil terjadinya serangan alergi ini, anda bisa mneghindari berbagai tempat yang bercuaca dingin.

 2.      Alergi makanan dan penanggulangannya

Jenis alergi yang cukup sering kita jumpai adalah alergi terhadap makanan jenis tertentu. Makanan tersebut biasanya adalah susu dan segala produk turunannya, makanan laut (seafood), coklat, dan lainya.

Alergi susu sapi merupakan alergi makanan tertinggi yang terjadi. Alergi ini terjadi karena dalam susu sapi terkandung protein Cosein dan Whey. Biasanya alergi ini terjadi karena faktor keturunan.

Namun selain dari faktor keturunan, alergi terhadap susu sapi ini juga bisa terjadi karena seseorang memiliki tingkat imunitas yang rendah, dimana seseorang akan menjadi sangat sensitif terhadap makanan yang ia konsumsi dan menjadikannya tidak kebal.

Selain itu, faktor lingkungan juga sangat berpengaruh dalam menentukan apakah seseorang alergi terhadap susu sapi atau tidak. Dalam hal ini, perokok aktif dan pasif memiliki resiko yang lebih tinggi.

 

 

Category: Alergi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *