apotik online terpercaya

ATASI ANAK DEMAM SEBELUM DIBERI OBAT

| September 30, 2012 | 0 Comments

Anak merupakan buah hati yang sangat kita cintai, jadi kita tentu saja akan khawatir jika anak kita tersebut terkena penyakit demam yang walaupun sebagian orang menganggap penyakit demam tersebut hanyalah penyakit ringan yang tidak perlu di khawatirkan. Namun sebagai seorang ibu tidak ada salahnya jika kita mampu atasi anak demam sebelum diberi obat. Artikel ini akan membahas bagaimana seorang ibu harus dapat atasi anak demam sebelum diberi obat.

Berikut beberapa cara atasi anak demam sebelum diberi obat, Pada hari pertama jika anak anda mengalami demam dan membuatnya lemas yang harus anda lakukan adalah menyiapkan kompresan untuk anak anda. kompres air hangat baik untuk mengompres ketimbang menggunakan air dingin sebab air dingin akan menyebabkan pans pada tubuh jatuh dan membuat anak anda akan mengalami demam lagi dan bisa saja berdampak lebih buruk. Kompresan air hangat dapat di taruh di dahi dan di sekitar leher anak anda dan di tukar jika air tersebut terasa tidak hangat lagi. Selain itu anda juga dapat memberikan perawatan tradisional dengan menggunakan 1 siung bawang merah dengan cara satu siung bawang merah tersebut dibelah dua, lalu anda gosokkan bawang merah tadi ke bagian punggung hingga pinggang anak anda untuk memberikan kehangatan sebab biasanya anak yang demam tentu memiliki badan atau tubuh yang dingin dan butuh kehangatan dimana di sebut dengan meriang ( bagian kepala terasa panas dan bagian badan hingga kaki terasa dingin ). Dengan penggunaan kompresan dan bawang merah tersebut maka demam anak anda akan turun. Jika demam anak anda hanya mengalami penurunan suhu yang sedikit maka anda dapat memberikan obat penurun suhu panas yaitu paracetamol.

Pada hakikatnya demam bukanlah sebuah penyakit berbahaya. Demam itu layaknya semacam alarm atau panggilan yang memberitahukan bahwa ada sesuatu hal yang terjadi pada tubuh anak anda. Sebenarnya penyakit demam ini disebabkan oleh sebuah infeksi. Jika infeksi tersebut masih dalamkeadaan normal maka demam merupakan respon tubuh yang wajar untuk memperlihatkan infeksi tersebut. Demam akibat infeksi ini akan menganggu pertahanan imun anda, dimana imun merupakan sebuah pertahanan tubuh dari penyakit. Namun tetap diperlukan penanganan dan jangan juga di sepelekan. Tidak mungkin anda sanggup melihat anak anda berada dalam sakit demam yang kelihatannya menyiksa tubuh atau kondisi anak anda tersebut. Oleh karena itu atasi anak demam sebelum diberi obat.

Jika anda merupakan ibu yang memang ingin anak anda tidak meminum obat kimia ketika

demam maka anda harus tau aturannya Jika usia anak anda dibawah 3 bulan jangan sampai suhu badan anak anda tersebut mencapai diatas 38 derajat. Jika usianya 3 – 6 bulan harap suhu tersebut dijaga agar tidak melebihi batas suhu anak yaitu mencapai 38,5 derajat. Namun ada kondisi kondisi tertentu dimana seorang anak mengalami demam yang waktunya lebih dari 72 jam, mengalami dehidrasi, membuat sikapnya menjadi rewel dan tidak dapat lagi ditenangkan dimana berbeda dengan saat dia rewel seperti biasanya, mengalami kejang kejang, sakit kepala, dan diare maka kondisi ini adalah kondisi dimana orang tua harus dan wajib memeriksakan kondisi anak tersebut ke dokter. karena jika terjadi hal – hal tersebut maka itu artinya bahwa kondisi ini sudah tidak bisa diatasi sendiri.

Jika anak anda demam ada hal yang perlu anda lakukan yaitu menjaga kondisi anak tersebut supaya tidak dehidrasi ( kekurangan cairan ). Jadi tubuh anak anda harus selalu tercukupi cairannya. Jika anak anda mengalami radang tenggorokan dimana ia akan sulit menelan serta memakan sesuatu maka sebaiknya ganti asupan makanan normal dengan asupan buah yang telah mengalami proses agar mudah dicerna seperti dijuice ataupun di blender. Tanda tanda jika anak anda demam dan mengalami dehidrasi adalah jika kulit punggung tangannya dicubit, maka kulitnya tidak kembali ke posisi semula. Jika anak anda mengalami kondisi ini maka akan sebaiknya segera di larikan ke rumah sakit terdekat.

Atasi anak demam sebelum diberi obat sebenarnya baik dipelajari agar anda dapat memberikan pertolongan pertama dimana pertolongan pertama sangat ppenting bagi seseorang yang tengah mengalami penyakit demam.

Category: Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *