Apakah Pengertian Dapur?


Tentunya setiap rumah dan tempat dimana keluarga berkumpul pasti memiliki ruangan yang bernama dapur. Namun, terkadang juga masih muncul pertanyaan seperti apakah pengertian dapur ?

Sebenarnya pengertian dapur berdasarkan fungsinya adalah sebuah lokasi atau ruangan khusus yang berisi berbagai peralatan  yang digunakan untuk memasak, menyiapkan atau mengolah makanan yang akan dimakan sehari-hari.

Pada umumnya, tugas penting tersebut merupakan salah satu tugas ibu rumah tangga. Tidak sedikit di antara mereka yang menghabiskan waktu mereka selama berjam-jam di dalam dapur hanya untuk menyiapkan makanan.

Memang kedengarannya sederhana, ibu hanya perlu memasak saja, namun sebenarnya hal tersebut tidak sesederhana kedengarannya. Selain memasak, ibu rumah tangga juga harus menjaga kebersihan dapurnya.

Kebersihan dan dapur tentunya tidak dapat dipisahkan, karena tempat untuk mengolah makanan yang akan dimakan oleh keluarga tercinta tentulah harus senantiasa berada dalam keadaan bersih dan higienis.

Oleh karena itu, dibutuhkan perawatan dan pembersihan setiap harinya. Walaupun berbagai bentuk dapur di dalam rumah tidak sama, namun kebanyakan dari mereka mempunyai fungsi yang sama, yaitu sama-sama digunakan untuk mengolah atau mempersiapkan makanan.

Dapur bisa dikatakan sebagai tempat dengan fungsi vital, karena setiap keluarga pastinya membutuhkan makanan. Oleh karena itu, sebaiknya anda membuat dapur anda senyaman mungkin agar ibu bisa betah memasak di dalamnya.

Kebanyakan sekarang ini, berdasarkan rancangan rumah minimalis yang akhir-akhir ini cukup populer, dapur dirancang tidak begitu luas dan terletak di bagian sisi belakang rumah. Sebenarnya, dapur yang sempit tentunya bukan tempat yang nyaman.

Oleh karena itu, bagi anda yang mempunyai dapur yang sempit sebaiknya anda cat dengan menggunakan warna yang terang, anda tentunya tidak mau seharian berada di dalam ruangan yang sempit dan gelap bukan ?

Bagi anda yang  mempunyai dapur yang luas lebih mempunyai kebebasan dalam memilih warna cat dapur. Anda juga bisa menggunakan warna terang seperti pada dapur yang semput, ataupun menggunakan beberapa warna gelap.

Untuk menjawab pertanyaan apakah pengertian dapur ? lebih jelas lagi, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

 1.      Jenis dapur

Secara umum, kebanyakan dapur dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu :

  • Dapur tradisional

 

Merupakan jenis dapur yang masih menggunakan alat tradisional untuk memasak makanannya. Alat itu biasanya berupa tungku batu, atau tungku semen. Bahan bakar yang biasa digunakan adalah kayu atau arang.

Selain itu, peralatan masaknya juga masih cukup tradisional, biasanya terbuat dari tanah liat  atau kuningan dan belum menggunakan peralatan yang canggih seperti besi atau stainless steel. Dapur jenis ini sudah cukup jarang dijumpai.

  • Dapur modern

 

Dapur yang satu ini sudah lebih modern, namun pengertian modern disini sebenarnya tidak ada tolak ukur yang pasti, karena peralatan masak juga sudah mengalami perkembangan dan terus berubah-ubah sepanjang waktu.

Mungkin dulu jika anda menggunakan kompor gas anda sudah dikatakan memiliki dapur modern, namun sekarang ini sudah ada inovasi batu, yaitu kompor listrik yang memakai gelombang mikro untuk memasak makanan.

 2.      Jenis dapur modern

 

Pada umumnya, dalam sebuah desain rumah modern dibuat 2 jenis dapur di dalam rumah, seperti dapur basah dan dapur kering. Dapur basah ini biasanya digunakan untuk meracik atau meramu makanan yang akan dimakan sehari-harinya dan yang biasanya memerlukan proses yang rumit dan menyebabkan kotor.

Sedangkan dapur kering biasanya digunakan untuk memanaskan makanan yang sudah jadi atau hanya untuk membuat aneka minuman saja. Tentu saja jenis dapur ini masih cukup jarang kita temukan, hal ini mungkin karena biaya yang cukup besar untuk membangun dapur ini.

Selain itu, ketersedian lahan juga berperan cukup penting. Pada umumnya, dapur kering lebih banyak digunakan sebagai tempat berkumpulnya para anggota keluarga dan menghabiskan waktunya bersama-sama. Sebenarnya bisa dikatakan bahwa dapur kering ini memiliki fungsi yang cukup sama dengan ruang makan, namun kesannya lebih tidak formal atau santai.

Nah, apakah pertanyaan apakah pengertian dapur ? itu sudah terjawab ? Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda yang memerlukannya


Leave a Reply