apotik online terpercaya

Antibiotika

| August 3, 2012 | 0 Comments

Antibiotika adalah zat kimia yang dihasilkan oleh fungi dan bakteri , yang memiliki khasiat mematikan atau menghambat pertumbuhan kuman, sedangkan toksisitasnya bagi manusia relatif kecil. Target kerja antibotik secara umum dibedakan menjadi tiga yaitu enzim sintesis dinding sel bakteri, ribosom bakteri ( menghambat sintesis protein ), enzim sintesis nukleotida dan replikasi DNA.

Antibiotika digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi akibat kuman atau juga untuk prevensi infeksi, secara profilaksis juga diberikan pada pasien dengan sendi dan klep jantung buatan juga sebelum cabut gigi.

Kemoterapeutika antibiotik dapat digolongkan atas dasar mekanisme kerjanya dalam zat bakterisid dan zat bakteriostatik. Zat –zat bakteisid yang pada dosis biasa berkhasiat mematikan kuman, dibagi dalam dua kelompok yaitu zat yang bekerja pada fase tumbuh dan yang bekerja pada fase istirahat. Zat-zat bakteriostatik pada dosis biasa terutama berkhasiat menghentikan pertumbuhan dan perbanyakan kuman. Penggolongan ini tidak mutlak karena faktor konsentrasi ( dosis ) dan waktu turut menentukan efek obat.

Penggolongan lain yang juga sering digunakan adalah berdasarkan luas aktifitasnya, artinya aktif terhadap banyak atau sedikit jenis kuman. Antibiotik narrow spectrum ( spektrum sempit ) terutama aktif terhadap beberapa jenis kuman saja sedangkan antibiotika broad spectrum ( spektrum luas ) bekerja terhadap lebih banyak, baik jenis kuman gram positif maupun gram negatif.

Category: Herbal, Obat Modern

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *