apotik online terpercaya

Aneka Macam Bubur Ayam

| January 21, 2013 | 0 Comments

Salah satu makanan yang bisa diolah dari beras adalah bubur. Jika selama ini kita berpikir bahwa beras hanya bisa diolah menjadi nasi, sebaiknya anda ubah pemikiran anda. Ada banyak sekali makanan lezat yang bisa diolah dari beras, salah satunya adalah aneka macam bubur ayam.

Bisa dikatakan bahwa makanan ini merupakan makanan favorit banyak orang dan tentunya sudah tidak asing lagi bagi lidah masyarakat Indonesia. Hampir di setiap daerah makanan ini bisa kita jumpai dan peroleh dengan mudah.

Biasanya juga setiap daerah memiliki setiap ciri khas pada makanan yang berbahan baku beras ini. Bubur ayam merupakan makanan yang digolongkan ke dalam kategori sedang. Dengan kata lain bukanlah makanan pokok, namun bukan juga makanan ringan karena makanan ini bisa lebih mengenyangkan dibandingkan dengan makanan ringan.

Oleh karena itu, aneka macam bubur ayam lebih cocok dikatakan sebagai makanan perantara. Artinya bisa dimakan ketika waktu pertengahan sebelum memasuki jam makan utama. Misalnya menjadi sarapan bagi mereka yang sibuk atau sebagai makanan tengah hari bagi mereka yang sudah merasa lapar ketika belum memasuki jam makan utama.

Namun, bubur ayam ini juga bisa dikonsumsi pada malam hari, khususnya bagi anda yang disibukkan dengan pekerjaan anda, sehingga anda terpaksa tinggal dan bekerja hingga larut malam dan tidak terasa sudah waktunya untuk makan malam.

Untuk mengenal lebih jelas mengenai aneka macam bubur ayam, simaklah uraian yang akan disajikan berikut ini.

  • Bubur ayam

 

Sebenarnya, untuk menelusuri sejarah terciptanya makanan ini cukup sulit, karena tidak ada sejarah yang jelas mengenai bubur ayam atau asal muasal dari makanan ini. Sebab makanan ini sudah bisa dijumpai secara merata di seluruh kawasan Indonesia.

Oleh karena itu, bisa dikatakan bahwa makanan ini bukanlah merupakan makanan khas suatu daerah tertentu. Apabila anda menemukan penjual bubur ayam yang menambahkan lokasi tertentu sebagai asal usulnya, maka hal tersebut hanyalah merupakan variasi semata.

Misalnya bubur ayam Jakarta, bubur ayam Manado dan lain sebagainya. Selain itu, makanan ini juga ternyata banyak mengalami perkembangan. Bubur ayam sudah banyak yang menggunakan bumbu tambahan dan kemudian dijadikan sebagai nama menu masakan tersebut.

Misalnya bubur ayam rempah, bubur ayam jahe dan lainnya. Semua variasi ini tentunya membuat para penggemar bubur ayam tidak kebosanan dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.

  • Menu bubur ayam

 

Untuk membuat aneka macam bubur ayam, sebenarnya tidaklah sulit. Secara umum, makanan init tetap dibuat berdasarkan bahan baku yang sama, yaitu beras yang dimasak dengan takaran air yang lebih banyak dibandingkan ketika memasak nasi.

Selain itu, dalam memasak makanan ini juga diperlukan berbagai bumbu tambahan untuk memperkaya cita rasa makanan ini. Dengan teksturnya yang lembut ini, setiap orang bisa menikmati bubur ayam bulai dari balita hingga dewasa dan manula tidak akan mengalami kesulitan untuk mencerna makanan ini.

Bahkan, menu bubur ayam ini sering kali disajikan untuk mereka yang mengalami gangguan di bagian pencernaan dan dilarang untuk mengonsumsi makanan yang keras. Hal inilah merupaan salah satu nilai tambah yang dimiliki oleh makanan ini dibandingkan dengan makanan lainnya.

Makanan ini juga tidak sulit untuk ditemukan. Sekarang ini sudah banyak sekali pedagang keliling yang menjajakan makanan ini ke berbagai kawasan. Bubur ayam juga dinilai sebagai makanan yang praktis untuk dijadikan sebagai sarapan sehat.

Untuk membuat bubur ini sendiri di rumah, anda memerlukan beberapa bumbu, misalnya untuk membuat bubur ayam kuah soto yang memadukan berbagai komponen tambahan untuk menciptakan cita rasa yang baru.

Anda hanya memerlukan 200 gram beras yang telah dicuci bersih dan kemudian siapkan pula dua liter air bersih, dua lembar daun pandan, dua lembar daun salam dan satu sendok teh garam. Untuk kuah sotonya anda bisa menggunakan dada ayam, satu batang daun bawang, dan dua batang seledri.

Selanjutnya anda tinggal berkreasi sendiri bila ingin menambahkan berbagai bahan lainnya. Inilah sekilas mengenai aneka macam bubur ayam. Semoga bermanfaat

Category: Tips kuliner

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *