4 Cara Agar Tidak Gemuk Setelah Menikah


Pernikahan merupakan sebuah acara besar yang ditunggu oleh banyak orang. Menikah juga merupakan sebauh momen yang membahagiakan. Namun, setelah menikah pastilah gaya hidup, selera, dan penampilan fisik kita mengalami perubahan.

Perubahan itu sering kali terjadi tanpa kita sadari. Akan tetapi, perubahan mencolok yang paling sering kita sadari adalah berat badan, khususnya pada kaum wanita. Apalagi di dalam masa kehamilah, maka perubahan ini akan terlihat mencolok.

Wanita pada umumnya akan mengalami kenaikan berat badan setelah menikah. Hal ini bahkan dibuktikan oleh sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang menikah memiliki du kali lipat resiko terkena obesitas dari pada orang yang single.

Hal tersebut mungkin dikarenakan para pasangan yang sudah merasa mencapai tujuan hidup dan merasa nyaman dengan status yang disandang. Namun, pada umumnya yang mengalami perubahan paling banyak adalah kaum istri.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa wanita yang sudah menikah rata-rata mengalami pertambahan jumlah lemak sekitar 63% pada tiga tahun pertama pernikahannya. Fakta juga menyebutkan bahwa kaum wanita akan mengalami tingkat kegemukan yang lebih besar dari pada pria.

Seperti yang kita ketahui bahwa berat badan sangatlah penting bagi wanita. Tentunya kenaikan yang demikian akan berdampak pada kesehatan psikologisnya. Tidak heran bila banyak diantara mereka yang bisa stress bahkan frustasi karena masalah berat badan ini.

Oleh karena itu, anda boleh mengikuti 4 cara agar tidak gemuk setelah menikah yang akan disajikan berikut ini.

1.      Penyebab naiknya berat badan
 
Pertama-tama, tentu harus kita identifikasi dulu penyebab-penyebab naiknya berat badan setelah menikah.

1.      Bersantai sambil makan
 
Hal ini sering kali terjadi di awal pernikahan. Pada saat baru menikah, anda pasti ingin berduaan dengan suami, apalagi pada waktu santai. Mungkin anda melakukannya dengan cara membaca buku atau menonton televise berdua di rumah.

Setelah hal itu terjadi, tentunya anda sebagai istri pasti akan membawakan makanan-makanan kecil untuk dimakan bersama-sama. Hal inilah yang menyebabkan naiknya berat badan anda tanpa anda sadari.

2.      Melahirkan
Setelah anda melahirkan, tidak sedikit wanita yang langsung mengalami perubahan berat badan secara drastis. Biasnaya, berat badan wanita akan naik 3 hingga 10 kg pasca persalinan. Kenaikan ini akan terus meningkat seiring dengan pertumbuhan anak anda. Hal ini karena kesibukan panjang yang akhirnya membuat anda makan makanan berlemak timggi, seperti pizza atau hamburger.

3.      Tidak ada waktu
 
Setelah anda menikah, tentunya waktu anda akan terbuang dengan berbagai macam aktivitas. Mulai dari mengurus keluarga, pekerjaan, dan kegiatan lainnya yang membuat anda lupa mengurus diri anda, sehingga makanan yang anda konsumsi pun kurang anda perhatikan.

4.      Keluarga adalah segalanya
 
Sebelum anda menikah, tentunya anda jarang membatasi diri anda untuk memakan apa saja. Setelah anda menikah, tentunya anda akan memprioritaskan keluarga anda, seperti mencocokkan selera anda dengan suami anda. Bila suami anda banyak mengonsumsi makanan berlemak dan mengandung gula yang tinggi, lama kelamaan anda pasti akan tepengaruh dengan selera suami anda. Jadi, tidak heran bila berat badan anda naik dengan cepat.

2.      Cara mengatasinya
 
Ada 4 cara agar tidak gemuk setelah menikah, diantaranya adalah :

1.      Berolahraga bersama
 
Dibandingkan dengan ngemil bersama, anda bisa mengubahnya menjadi berolahraga bersama. Dengan melakukan olahraga bersama, maka berat badan anda tidak akan naik dan anda akan merasa lebih sehat. Anda bisa melakukan jogging, bersepeda, ataupun jalan santai bersama.

2.      Porsi makan
 
Anda perlu mengingat bahwa porsi makan anda dan suami anda itu berbeda. Porsi makan istri yang tepat adalah ½ atau ¾ dari porsi makan suami anda. Anda juga bisa menerapkan diet piring, dengan menggunakan piring yang lebih kecil untuk membatasi asupan makanan anda.

3.      Menu sehat
 
Daripada anda makan makanan yang berlemak tinggi, sebaiknya anda ganti menu anda dengan makanan yang bernutrisi dan berserat tinggi.

4.      Kursus
 
Sebaiknya anda mencari aktivitas lain di luar rumah yang dapat membakar kalori, misalnya dengan mengikuti kelas senam atau aerobic.

Inilah 4 cara agar tidak gemuk setelah menikah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Leave a Reply